PERGULIRAN DANA SIMPAN PINJAM DESA GEBANGARUM

Alhamdulillah pada Hari Selasa tanggal 17 Juli 2018, telah di laksanakan perguliran dana simpan pinjam LKM PUAP yang sekarang berubah menjadi “Koperasi Simpan Pinjam Gapoktan Makmur Barokah” Desa Gebangarum Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Dalam perguliran yang baru saja dilaksanakan yaitu periode yang ke 28 sebesar Rp. 214.500.000 yg meliputi 7 Kelompok tani Sedesa Gebangarum. Dalam satu tahun dilaksanakan 4 Kali yaitu bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Tujuan Didirikan Koperasi tersebut untuk membantu Perekonomian warga Desa Gebangarum yang sebagian warga miskin. dengan adanya koperasi tersebut maka warga sangat terbantu dari sisi permodalan dalam usaha pertanian maupun yang lain. prosedur peminjaman sangat mudah, setiap Poktan mempunyai ketua kelompok yang sekaligus menjadi ketua dalam keuangan simpan pinjam dalam kelompoknya.

setiap perguliran setiap kelompok mendapatakan IPTW (Insentif Pengembalian Tepat Waktu) yaitu sebesar 20 % dari angsuran peminjam. bunga peminjaman yaitu 20 % pertahun atau 1,5 % perbulan. Syarat peminjam yaitu Warga Desa Gebangarum dan Berkelakuan baik. tidak ada jaminan hanya foto copy KTP dan mendapat rekomendasi dari PokTan setempat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan